Folder di MS Outlook Exchange ter"hide",pindah atau terhapus??

Pernah ngalamin kejadian folder inbox atau sent di MS Outlook Exchange ilang? Pasti bingung banget kan. Apalagi banyak email penting yang belum sempet dibackup. Nah saat ini gw coba jelasin salah satu cara buat ngatasin masalah ini. Pake apaan tuh?? MFCMAPI.

Apa sih MFCMAPI? MFCMAPI adalah software yang khusus dibuat untuk ngatasin masalah kaya di atas. Softwarenya sendiri gratis dan lo bisa download di sini.

Ok langsung aj, gimana ngatasin folder yang ke Hide, Move atau ke Delete.

Folder ke Hide
Jalanin MFCMAPI yang udah lo download dan di-unzip.
Startup screennya di dismiss aj
Trus logon via; Session-> Logon..
Pilih profile email yang bermasalah. Misalnya ga keluar tampilan pilihan, pencet OK aj. Nanti masuk ke setting email default.
Double click mailbox yang bermasalah
Trus pilih Root Container. Nah disitu ada beberapa konfigurasi, yaitu:
      - IPM_SUBTREE
      - Top of Outlook data file
      - Top of Personal Folders
      - Top of Information Store
Kalo yang ke hide adalah folder inbox, pilih yang top of outlook data file, kalo yang ke hide folder archive pilih yang personal folder. Ok gw kasih contoh untuk folder inbox.

1. klik folder inbox
2. double click PR_ATTR_HIDDEN
3. uncheck pilihan Boolean
4. klik OK, trus tutup deh MFCMAPI nya.



Folder yang ke hide pasti balik lagi.


Folder ke Move
Jalanin MFCMAPI kaya sebelumnya dan cari folder yang ke Move

1. Setelah nemu folder yang ke move, select foldernya dan pilih Action -> Copy..
2. trus pilih mau dimana foldernya di taro
3. pilih Action -> Paste..
4. klik OK, trus pilih FOLDER MOVE di dialog kedua
5. klik OK, trus tutup MFCMAPI.


Folder ke Delete
Kalo untuk ngebalikin folder yang kedelete, ga perlu MFCMAPI, cukup klik Start kemudian ketik
  • Windows XP
    Start-> Run; outlook.exe /resetfolders
  • windows Vista, Windows 7 and Windows 8
    Start-> type; outlook.exe /resetfolders

Folder yang ke delete akan kembali lagi.. :)


0 komentar :

Post a Comment