Cari Port Koneksi PC/Device client di Cisco Switch.

 

PC ini konek di port berapa sih? Kejadian ini pernah gw alami ketika ada salah satu device yang harus dipindah portnya, cuma tidak tau posisi portnya dimana. Labelnya udah ga ada dan kalaupun harus cari dengan cable trace, buset dah.. kapan kelarnya.

Eh, untung ada solusinya. Tapi syarat-syaratnya harus:
    1.Client yang akan di trace kondisinya harus UP dan terhubung ke jaringan.
    2.Switchnya manageable ( dalam hal ini gw pake Cisco)
    3.Tau IP/MAC Address dari clientnya.

Berikut langkahnya:

Check arp di switch

Switch1#sh arp <-Jika yang diketahui mac addressnya saja
Switch1#sh ip arp | i 10.16.10.25

Internet  10.16.10.25    0   30e4.05cc.e341 ARPA   Vlan3 <-mac address pc user dan Vlan IDnya

Ternyata device yang dimaksud ada di Vlan 3. Nah sekarang kita cari tau Vlan 3 itu di port brp sih?

Check mac-address apabila sudah diketahui, dan cari informasi mac address tersebut terdaftar diswitch mana dan port berapa, berikut langkahnya

Switch1#sh mac-address-table dynamic | i e341
3    30e4.05cc.e341   dynamic ip,other  Gi2/23 <-port Vlan 3

Ternyata Vlan 3 itu ada di port Gi2/32. Nah sekarang tinggal cari deh ip switchnya berapa.
Caranya dengan show cdp neigh

Switch1#sh cdp neigh gi2/23 det
————————-
Device ID: Switch2
Entry address(es):
IP address: 10.16.11.2 <-IP Switch dimana device kita berada
Platform: cisco WS-C3560-48TS,  Capabilities: Router Switch IGMP
Interface: GigabitEthernet2/23,  Port ID (outgoing port): FastEthernet0/36
Holdtime : 174 sec

Setelah tau ip switchnya berapa, kemudian kita konek ke switch yang dimaksud dan kemudian jalankan lagi perintah berikut

Switch2#sh mac-address-table dynamic | i e341

10   30e4.05cc.e341    DYNAMIC    Gi1/46 <-Port dimana device kita berada

Nah, ketemu dah ternyata device kita itu ada di port 46 di switch 2

0 komentar :

Post a Comment